oleh

Survei Pemilih, LSI: PDIP dan Gerindra Unggul pada Segmen Berbeda

LENTERA PEMILU — Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA melakukan survei terbaru mengenai enam segmen pemilih memberikan suaranya terhadap partai politik menjelang Pemilu 2019. Enam segmen dibagi atas kalangan pemilih muslim, pemilih minoritas, pemilih milenial, pemilih wong cilik, pemilih emak-emak, dan pemilih terpelajar.

Hasil survei menunjukkan PDIP dan Partai Gerindra bersaing di pucuk klasemen sementara mendapat dukungan masyarakat terhadap partai pemilih menjelang Pemilu 2019. Namun, kedua parpol memiliki perbedaan basis pemilih.

PDIP unggul di segmen pemilih wong cilik dan kalangan perempuan. Sementara Gerindra unggul di segmen kalangan terpelajar.

Peneliti LSI Rully Akbar mengatakan, kalangan wong cilik ini berpenghasilan di bawah Rp 2 juta dengan pemilih mencapai 50 persen. PDIP memperoleh suara 22,8 persen di basis pemilih ini.

Posisi kedua ditempati Gerindra 12,9 persen. Kemudian posisi ketiga Partai Golkar sebanyak 11,6 persen, PKB 11,3 persen, dan NasDem 4,3 persen.

“PDIP unggul dua digit di pemilih wong cilik. Gerindra, Golkar, dan PKB bersaing ketat di pemilih wong cilik,” kata Rully saat konferensi pers di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu, 20 Februari 2019.

Posisi berikutnya diisi Demokrat dengan suara 4 persen, PPP 3,6 persen, Perindo 2,6 persen, PKS 1,8 persen PAN 1,5 persen, dan partai di bawah 1 persen, Hanura, Garuda Berkarya, PBB, PKPI dan PSI.

Pemilih perempuan berkisar 50 persen dari populasi yang disurvei. PDIP juga unggul dengan suara 22 persen. Peringkat kedua ada Golkar sebesar 13,3 persen, ketiga Gerindra dengan suara 12,3 persen, kemudian PKB 9,2 persen, dan Demokrat 6,5 persen.

Berikutnya, PKS memiliki suara 4 persen, PPP 3,8 persen, Nasdem 3,5 persen, Perindo 2,6 persen, dan PAN 1,3 persen. Sementara partai lainnya di bawah 1 persen, yaitu Hanura, Berkarya, Garuda, PSI, PBB, dan PKPI. Yang tak menjawab 20,6 persen.

Segmen berikutnya adalah pemilih terpelajar, yaitu pemilih dengan pendidikan diploma, sarjana, magister dan doktor. Dalam survei ini memiliki populasi 11,5 persen. Gerindra memimpin dengan perolehan suara 23,9 persen.

“Gerindra memegang suara terpelajar,” kata Rully.

PDIP berada di posisi kedua dengan 15,9 persen, ketiga ditempati Demokrat dengan suara 8 persen, PKS 7,2 persen, dan NasDem 5,8 persen.

Posisi berikutnya ditempati Golkar dengan suara 5,1 persen, PKB 3,6 persen, Perindo 2,8 persen, PPP 2,2 persen, PSI 2,2 persen, PAN 1,4 persen, Berkarya 1,4 persen. Sementara partai yang di bawah 1 persen yaitu, Hanura, Berkarya, PBB, dan PKPI. 19,1 persen belum memutuskan.

Survei dilakukan LSI Denny JA pada 18-25 Januari dengan responden 1200. Survei memiliki margin of error 2,8 persen dengan metode multistage random sampling. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei. 

Sumber: Merdeka

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *