oleh

Bersama Pramuka, Bawaslu Gelar Kemah Bhakti Adhyasta Pemilu

LENTERA PEMILU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Tengah bersama Pramuka Kwartir Cabang Halteng menggelar kemah Bhakti Adhyasta Pemilu dengan menghadirkan Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Utara atau yang diwakilkan kepada salah satu Anggota Komisioner Bawaslu Provinsi Maluku Utara, Ikbal Ali.

Kegiatan itu, hadir pula Sekretaris Kwartir Pramuka Cabang Halteng Dr Lasamida Kurupunda S.Pd, Kapolres Halteng yang diwakilkan kepada Kasat Intelkam AKP Alex Djangu, Ketua Bawaslu Halteng Sitti Hasma Bt. Mohd Amin S.Pd, Kordiv Hukum Hubungan Antar Lembaga Munawar Wahid S.Sos dan seluruh personil Komisioner Bawaslu Kabupaten Halmahera Tengah.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Tengah  menggandeng Pramuka Kwartir Cabang Halteng menggelar kemah bakti Adhyasta Pemilu.Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, dimulai Sabtu, 23 Februari 2019 siang tadi yang bertempat dilapangan upacara SMAN 1 Halteng di desa Were Kecamatan Weda sekaligus dibuka oleh Kordiv Sengketa Bawaslu Provinsi Maluku Utara Ikbal Ali SP.

“Pramuka memiliki integritas yang tinggi dan keimanan, sehingga turut ikut mengawal dan terlibat bersama kami atas semua tahapan,” ujarnya.

Menurutnya, kerja sama ini karena secara organisasi Pramuka sangat netral. Ini mempunyai kesamaan dengan Bawaslu yakni netralitas secara struktural dari pusat hingga level bawah. Untuk itu mencari pemimpin baru yang memiliki kemampuan serta pelaksanaan demokrasi yang bersih, bukan hanya menjadi tugas penyelenggara terutama Bawaslu namun juga semua elemen termasuk Pramuka. “Apa lagi Pramuka ini didalamnya terdapat adik-adik yang juga sebagai pemilih milenial, karena pemilu demokratis menjadi syarat negara yang demokratis,” ucapnya

Hasma menambahkan, kolaborasi ini dalam rangka pengawasan dan sosialisasi pemilu. Sebagian besar dari mereka ini pemilih pemula sehingga perlu dibekali tentang pemilu, bukan hanya untuk dirinya tapi juga untuk pencerahan kepada masyarakat sebagai pengawas partisipatif.

Harapannya dalam momentum pemilu ini jelas Hasma, Pramuka dapat memberikan masukan serta memberikan laporan kepada pihaknya jika ada pihak-pihak yang melanggar.

“Saya yakin dan percaya adik-adik pramuka ini bisa berperan ketika ada pelanggaran,” terangnya.

Rep/Red: Fandi

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News