oleh

Tersias 47 Hari Lagi Pemilu, Relawan Demokrasi Gencarkan Sosialisasi Lima Surat Suara

LENTERA PEMILU – Relawan Demokrasi Kecamatan gencar mensosialiasikan lima bentuk surat suara pemilu 2019. Kali ini giliran Desa Goeng Kecamatan Weda Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng). Kamis, 7 Maret 2019.

Sosialisasi model model suara suara, baik suarat suara untuk pemilihan DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI serta surat suara Presiden dan Wakil Presiden.

Seusai kegiatan, Pelaksana Tugas Kepala Desa (Kades) Sidangan, Yohanis Kobe kepada Lentera.Co.Id mengatakan, sosialisai yang dilakukan oleh Relawan Demokrasi Kecamatan Weda ini sangat membantu meminimalisir bentuk kesalahan yang dihadapi saat pemilu nanti.

“Kerja relawan Demokrasi yang memperkenalkan surat suara kepada masyarakat ini sangat membatu, dimana surat suara pemilu yang lalu dengan sekarang kini sudah berbeda lantaran surat suara sekarang sudah tidak melampirkan foto hanya nama dan nomor urut” ungkap kades

Seperti diketahui dalam Pemilu 2019 terdapat lima surat suara. Masing-masing surat suara akan diwakili warna berbeda. Hal ini itu dilakukan agar memudahkan para pemilih membedakan surat suara yang satu dengan lainnya.

Lima warna tersebut yakni kuning untuk DPR, biru untuk DPRD provinsi, hijau untuk DPRD kabupaten/Kota, merah untuk DPD, dan abu-abu untuk presiden-wakil presiden.

Pemilihan warna ini berdasarkan Keputusan KPU Nomor 1944/PL.02-Kpt/01/KPU/XII/2018, tentang desain surat suara dan desain alat bantu coblos (template) bagi pemilih tunanetra pada Pemilu Tahun 2019.

Rep/Red: Fandi

Download

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *